twitter



Soal soal Softskill Organisasi dan Metode

1DB12
Perhatikan uraian kasus berikut ini
Jenifer Maher memproduksi sebuah program televisi untuk Fox Network di Los Angeles. Ketenangan di ruang kerjanya dipecah oleh suara yang berasal dari interkom. ”Bu Maher”, sekretarisnya berkata tanpa berpikir, ”ada kekacauan di luar. Ada sejumlah orang yang ingin bertemu dengan anda. ” Dalam beberapa detik, setengah lusin penulis naskah masuk dan berkata, ”Kesabaran kami sudah sampai batasnya. Anda mempromosikan Nick Crane menjadi script supervisor tiga minggu yang lalu setelah Christine mengundurkan diri. Kami tidak dapat bekerja sama dengannya !”. Dengan Christine kami kompak, kami menulis naskah bersama sama. Naskah kami baik, sangat baik karena kami semua berpartisipasi untuk menjadi demikian. Nick telah mengubah segalanya. Ia membagi kami menjadi dua kelompok, masing masing bekerja untuk episode yang berbeda. Setelah tiga orang diantara kami membuat garis besar dari format umum untuk episode tersebut, ia memecah kami dan meminta masing masing mengerjakan satu dari tiga babak tersebut untuk memudahkan pertanggungjawaban.Ia mengira bahwa sekarang ia dapat mengetahui siapa penulis terbaik! Apakah anda pernah mendengar hal yang demikian gila ”? Jenny jika anda tidak mengambil tindakan sekarang juga, kami semua akan mengundurkan diri.”

Berdasarkan uraian kasus diatas :
1. Apakah telah terjadi konflik ? Bila telah terjadi konflik, jenis konflik fungsional atau disfungsional yang terjadi ?
2. Apa saran anda agar konflik yang terjadi menguntungkan organisasi ?
Jawab.
1.      Ia, telah terjadi konfik, dan konflik tersebut berjenis konflik difungsional.

2.                  Saran saya adalah mempertemukan kedua belah pihak dan yang berkaitan untuk da berikan kesempatan kepada perwakilan penulis naskah untuk menyampaikan pendapatnya, kemudian mencari jalan keluar dari masalah yang dihadapi, tapi menurut saya nick crane harus mengalah dan menuruti permintaan para penulis, karena kalau dia tidak mengalah maka para penulis akan memberhentikan diri, karena para penulis itu jumlah nya banyak maka kalau mereka sampai mengundurkan diri maka produksi program televise itu akan terhenti, karena para penulis naskah adalah orang yang berperan sangat penting bagi prusahaan tersebut, karena dari merekalah banyak tercetus ide-ide untuk program yang akan ditayangkan pada produksi pertelevisian tersebut. Kalau nick crane tidak mau mengalah, maka pimpinan produksi yakni jenfer maher harus bertindak tegas kepada nick crane dengan cara menggantikan nick crane dengan orang lain yang bisa diajak bekerja sama dengan para penulis agar para penulis merasa nyaman dalam melakukan pekerjaannya, maka produksi nya pun akan berjalan dengan baik dan lancar.

0 komentar:

Posting Komentar