twitter



JADILAH SAHABAT BUMI

            Apakah kita pernah tersadar dimanakah kita sekarang ini? Kita sebagai manusia hidup dibumi mulai dari lahir, kecil, beranjak dewasa, sampai kita meninggal.. kita sangat berhutang budi pada bumi, planet tempat tinggal kita yang tercinta ini. Tetapi berapa banyak kita telah mengotori bumi, merusak dan membuat bumi bumi ini menjadi tidak indah lagi? Kadang-kadang kita tidak sadar bahwa perbuatan kita sangat merusak bumi dan terkesan tidak berterimakasih pada bumi yang telah berjasa banyak pada kita.
            Oleh karena itu, kita harus mulai mengubah hidup kita agar perbuatan ini tidak lagi merusak bumi. Tentunya kita adalah manusia yang tidak dapat melakukan semua hal. Jadi, kita cukup melakukan perbuatan yang dapat dilakukan dan tidak perlu memaksakan diri. Jika kita hanya dapat melakukan hal-hal sederhana, ya kita lakukan hal sederhana tersebut. Jangan karena hal sederhana yang bias kita lakukan, kita malu untuk melakukannyasehingga tidak melakukan apa-apa. Tetapi kita juga harus mengembangkandiri supaya bisa melakukan hal yang lebih besar lagi. Yang terpenting adalah niat dan keikhlasan.
            Hal-hal kecil yang dapat kita lakukan misalnya membuang sampah pada tempatnya, melakukan penghematan listrik, menghemat bahan bakar minyak dan masih banyak lagi. Mungkin kita sudah bosan dengan kata-kata “buanglah sampah pada tempatnya”. Kita mendengar kata-kata itu sejak kecil sampai dewasa, tetapi apakah kita sudah melakukan hal yang dianggap sederhana tersebut? Mungkin ya, mungkin tidak. Kadang-kadang untuk sampah yang besar kita ingat, tetapi jika sampahnya kecil seperti sobekan kertas, plastic, atau bungkus snack, kita membuangnya begitu saja. Misalnya kita ada dikelas, biasanya menaruh sampah tersebut dikolong meja. Jika di angkot maka ditaruh di bawah tempat duduk.
            Hal itu tidak hanya dilakukan oleh anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Hal itu menandakan bahwa yang terpenting adalah kesadaran sendiri. Usia tidak berpengaruh pada sikap seseorang. Hal yang paling berpengaruh adalah kesadaran, itu yang paling penting. Begitu juga dengan penggunaan listrik dan air. Kita selalu menganggap bahwa selalu lebih banyak orang yang menggunakan air lebih banyak dari diri kita sendiri sehingga kita berpikir kalaupun kita menghemat, tetap saja tidak akan berguna. Itu adalah pemikiran yang salah. Jika semua orang berfikir begitu, maka tidak aka nada yang berhemat. Kita harus menanamkan pikiran yang baik dimulai dari diri kita sendiri . jangan menunggu orang lain untuk berbuat kebaikan.
            Oleh karena itu, untuk menjaga lingkungan ini, lingkungan bumi tercinta ini, lakukanlah suatu hal yg kencil karena sesuatu yang besar itu tidak ada sebelum ada hal yang kecil. Jika hal kecil itu dilakukan oleh banyak orang, maka hal kecil itu akan menjadi hal yang besar. Jika seribu orang membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan, maka daerah tersebut akan menjadi bersih. Tetapi jika seribu orang membuang sampah sembarangan, maka daerah itu akan sangat kotor.
            Jadi, jangan meremehkan hal-hal yang kecil seperti menghemat listrik, menghemat air, menghemat BBM, atau membuang sampah pada tempatnya. Lakukan mulai dari sendiri lalu tularkanlah pada orang-orang disekitar kita. Jadilah sahabat  bumi dan cintailah bumi ini. Semoga kita telah melakukan hal terbaik yang bisa kita lakukan, dengan begitu bumi ini kembali indah., sejuk, segar, dan udaranya nyaman sehingga kita semakin senang hidup dibumi ini.



0 komentar:

Posting Komentar